Selasa, 18 Desember 2012

Keindahan Fisik


Bismillah.

Ibnu Qayyim Al-Jauziyah rahimahullah membagi keindahan kedalam 3 kelompok, beliau berkata:

"..bahwasanya keindahan rupa, pakaian, dan penampilan itu terbagi menjadi 3 jenis. Ada yang terpuji, ada yang tercela, dan ada pula yang tidak mengandung pujian maupun celaan.
Pertama, keindahan fisik yang terpuji ialah
keindahan yang ditujukan karena Allah dan untuk membantu meningkatkan ketaatan kepada-Nya, serta demi melaksanakan perintah dan memenuhi seruan-Nya; sebagaimana yang dilakukan Nabi ketika beliau berpakaian indah untuk menerima delegasi.

Kedua, keindahan fisik yang tercela ialah segala keindahan yang ditujukan untuk tujuan duniawi dan untuk meraih kedudukan atau popularitas; lahir dari kesombongan dan keangkuhan, dan dijadikan sebagai sarana pemenuhan hawa nafsu, serta menjadi puncak asa dan cita-cita. Dan umumnya, jiwa manusia sangat cenderung kepada keindahan seperti ini.

Ketiga, keindahan fisik yang tidak ada kaitannya dengan pujian dan celaan ialah segala keindahan fisik yang terlepas dari kedua tujuan dan sifat seperti dijelaskan sebelumnya.


Diringkas dari buku Fawaidul Fawaid karya Ibnu Qayyim Al-Jauziyah (versi terjemahan); tahqiq: Syaikh Ali bin Hasan Al-Halabi hafizhahullah, halaman 42-43, terbitan Pustaka Imam Syafi'i.

***

Bintaro, Indonesia
6 Safar 1434 / 18122012

0 komentar:

Posting Komentar